Senin, 13 November 2017

WIKILEAKS BOCORKAN RENCANA BEIJING SEKULERKAN INDONESIA

WikiLeaks melansir dari situsnya, Rabu (15/12/2010), sebuah kawat rahasia dari Kedubes AS di Beijing tertanggal 5 Maret 2007 dengan kode referensi Beijing 1448. Di mana saat itu berlangsung pertemuan antara Wakil Menlu China Cui Tiankai dan Dirjen Urusan Asia Kemlu China Hu Zhengyue dengan fihak pejabat Kemlu AS Eric John.

WikiLeaks merilis sebuah kawat rahasia Kedubes AS di Beijing yang berisi pertemuan Kemlu China dan AS. Dalam kawat disebutkan China berencana untuk membuat umat Muslim Indonesia menjadi sekuler.

Dalam pertemuan itu mereka membahas sejumlah negara Asean. Khususnya, Indonesia diantara negara yang mendapat perhatian yang utama. Eric John bertanya pada Hu, bagaimana pemerintah China melihat pemerintah Indonesia sekarang?

Beijing tidak terkesan dengan presiden Indonesia pasca krisis ekonomi di akhir 1990-an. Tapi Beijing terkesan dengan perkembangan yang ditujukan Presiden SBY yang berkuasa sejak 2004,” demikian kata Hu seperti dikutip WikiLeaks.

Menurut Hu, China memantau betapa ada peningkatan gesekan antar etnis dan agama di Indonesia. Pemerintah China pun ingin mendorong sekularisasi muslim di Indonesia. “Beijing ingin mempromosikan Islam sekuler di Indonesia,” kata Hu kepada John.

Lalu apa itu masyarakat sekuler? Wikipedia menjelaskan Sekularisme atau sekulerisme dalam penggunaan masa kini secara garis besar adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan negara harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan. Dalam istilah politik, sekularisme adalah pergerakan menuju pemisahan antara agama dan pemerintahan. Hal ini dapat berupa hal seperti mengurangi keterikatan antara pemerintahan dan agama negara, menggantikan hukum keagamaan dengan hukum sipil, dan menghilangkan pembedaan yang tidak adil dengan dasar agama. Hal ini dikatakan menunjang demokrasi dengan melindungi hak-hak kalangan beragama minoritas.

Sekularisme, seringkali dikaitkan dengan Era Pencerahan di Eropa, dan memainkan peranan utama dalam perdaban barat. Prinsip utama Pemisahan gereja dan negara di Amerika Serikat, dan Laisisme di Perancis, didasarkan dari sekularisme.

Kebanyakan agama menerima hukum-hukum utama dari masyarakat yang demokratis namun mungkin masih akan mencoba untuk memengaruhi keputusan politik, meraih sebuah keistimewaan khusus. Aliran agama yang lebih fundamentalis akan menentang sekularisme. Penentangan yang paling kentara muncul dari Kristen Fundamentalis dan juga Islam Fundamentalis. Pada saat yang sama dukungan akan sekularisme datang dari minoritas keagamaan yang memandang sekularisme politik dalam pemerintahan sebagai hal yang penting untuk menjaga persamaan hak (kelompok ini bisa digambarkan dengan aliran kepercayaan/kebathinan).

Negara-negara yang umumnya dikenal sebagai sekuler di antaranya adalah Kanada, India, Perancis, dan Korea Selatan, walaupun tidak ada dari negara ini yang bentuk pemerintahannya sama satu dengan yang lainnya.

Jadi dalam hal ini pemerintah Beijing ingin mengubah cara hidup masyarakat Indonesia yang religius menjadi anti agama. Baik dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kenegaraan. Islam yang dipeluk oleh penduduk mayoritas negeri akan dikesampingkan perannya dalam perpolitikan, dibungkam dengan dalih demokrasi. Atau negara berlandaskan hukum demokratis bukan hukum agama. Tujuannya untuk mengurangi tekanan politik oleh kelompok fundamental.

Dalam hal ini, rilis dokumen rahasia ini menjadi cukup menarik perhatian publik, karena akhirnya masyarakat menjadi tahu apa yang hendak dilakukan para petinggi negeri ini dimasa depan dengan kebijakannya yang secara total ingin mengubah ideologi bangsa. Dari yang tadinya Pancasila, akan diubah menjadi negara Sekuler. Negara yang semula memberi kebebeasan kepada rakyatnya untuk menentukan pilihan, mengutamakan gotong royong dan mufakat, kelak mereka akan dibatasi hak-hak politiknya dan harus memisahkan urusan agama dengan politik. Lalu setujukah anda dengan rencana tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...